Minggu, 05 Februari 2012

researching a magazine

Setiap desainer grafis pasti punya ciri khas pada setiap desain yang dibuat, karena aku masih newbie aku masih mencari ciri khas dari desainku.
Dari postingan aku yang sebelumnya banyak yang komentar kalau desain blog aku yang baru “SIMPLE DAN SOFT” dan itu bisa jadi ciri khas desain aku hoho. aku emang suka yang warna soft dan desain yang simple tapi menarik, sebenernya sebelum aku mulai desain aku bikin sketsanya dulu atau konsep, kalau di animasi biasa disebut storyboard.Mungkin ciri khas desain sesorang bisa keluar dengan sendirinya atau mungkin desain bisa di pengaruhi dengan kepribadian orang itu sendiri.
Aku mau ngasih sedikit tips dan cerita cara aku mencari ciri khas desainku.
Berawal dari alm.pak sholahudin dia pernah bilang
"Anak multimedia kalau liat iklan di TV jangan di liat produknya doang tapi di liat konsep dari iklan tersebut apa"
Itu kata-kata dari salah satu guru terbaik di sekolahku, beliau meninggal akibat serangan jantung dua minggu yang lalu. Aku merasa kehilangan banget, dia selalu ngasih motivasi yang bagus buat aku dan temen-temen dan selalu muji jurusanku . He’s my best teacher
Dari kata-kata itu aku berfikir, bukan cuma iklan yang bisa aku amatin tapi sebuah majalah pun bisa aku amatin konsepnya. Oke guys ini dia tips sederhana dari aku
Karena aku cewe *ga usah cari bukti ya* dan masih teenager aku memilih majalah ini (lihat gambar di bawah ini)

Kenapa aku milih majalah ini, karena majalah ini rata-rata harganya di atas 20.000
“semakin mahal harga majalah semakin bagus pula desain dan info yang ada di majalah itu” 
Tapi kalian tau aku beli ketiga buku ini Cuma seharga Rp 10.000 saja. Kok bisa? Aku belinya di senen *yah ketahuan deh rahasia aku* iya ini majalah lama yang ga laku terus di jual lagi dengan harga super miring kayak yang beli mueheheh. Ya mungkin kalau aku beli baru bisa lebih dari Rp 50.000 untuk ketiga buku itu, tapi kembali lagi ke niat aku . aku kan mau meneliti desainnya bukan mencari info dari majalah itu, jadi kalau emang kalian mau ikut jalur aku, kalian harus selectif milih majalahnya jangan yang 1 tahun yang lalu, yah… bisa setengah tahun yang lalu. Tapi kalau kalian mau coba daur ulang desain jadul majalah mungkin aja bisa jadi unik. 

Eitss… pasti para cowo ngira postingan ini buat cewe, jangan close dulu !!! buat kalian para cowo kalau mau coba meneliti desain majalah pilih majalah yang buat boy kayak majalah hai contohnya atau majalah maco yang covernya gambar cowo binaragawan hihiw, kalau desain majalah cowo lebih gothic mungkin heheh soalnya belum coba meneliti desain majalah cowo.
Berikut hasil penelitian zihny

1. Warna
Dari ketiga majalah yang aku beli banyak yang pake warna yang aku suka, nah dari situ aku coba meneliti paduan warna yang ada. Coba liat gambar ini
Dari salah satu halaman di majalah ini ada paduan warna yang bagus antara warna background dan font. nah dari situ aku bisa tau kalau warna pink bisa serasi sama warna hijau yang lebih soft, tapi ga semua warna pink dan hijau bisa terlihat serasi tergantung dari tingkat kecerahannya. Aku masih belajar tentang keserasian warna, dari gabungan beberapa warna bisa menghasilkan tampilan yang terlihat modern, elegant, gentle, girly sampe yang 4Lay hahaha. Dari situ aku coba belajar secara otodidak lewat tampilan majalah.

2. Font
Font atau bisa disebut juga jenis huruf dan angka, di majalah sudah pasti menggunakan banyak jenis font yang lucu, unik, simple, sampe wow. Untuk judul pasti gunain font yang menarik biar orang tertarik buat baca, lanjut ke isi-nya pake font yang simple dan enak di baca kayak Calibri atau times new roman dan sejenisnya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...