Sabtu, 10 September 2011

make a clock with adobe flash "ZEclock"

asslamu'alaikum....
hai all, udah lama ga posting lagi hahah, ini posting pertama Zihny setelah lebaran. posting kali ini masih menggunakan adobe flash. yo... dari judulnya aja udah bisa tebakkan kita mau buat apa? yapp, buat jam menggunakan Abode Flash. kayak gini contohnya, unyu banget ga sihh...(▰˘◡˘▰)
buat design dasar jamnya dulu, kalau Zihny buat di corel, kayak gini


nah... terus sedikit zihny rapihin di photoshop, yang penting kalian buat dasar atau backgroundnya dulu, terus buat angkanya aja. ga harus di coreldraw atau photoshop kok, langsung di adobe falsh juga bisa.
lanjut.....


habis ini langsung masuk ke Adobe Flash, kita buat lebar barunya dulu
kita import gambar dasar yang kita buat tadi caranya file > import > import to library
pilih folder, lalu klik open
lalu drag foto yang udah masuk ke library, look at picture (drag sesuai panah)
buat 3 garis menggunakan Line Tool (N), 3 garis sebagai jam,detik dan menit.
nah.. ini langkah terpenting dan ga boleh salah ya !!! simak baik-baik
seleksi garis untuk jam menggunakan selection tool (V)
terus, klik f8. kasih nama jam_mc . type : movie clip . registration : tengah paling bawah. look at picture, lalu ok
lalu, klik ctrl+f3. untuk memunculkan properties. lihat ke dalam kotak warna merah.
nah untuk menit dan detik, sama stepnya seperti jam
yang ngebedain cuma kalau
jam     =     jam_mc
meniy  =     menit_mc
detik   =     detik_mc
faham kan maksud zihny???

terus satuin semua garis, harus berurutan dari jam, menit, detik.
kalau udah terpasang, pastiin juga udah pas, klik layer1 (di timeline)
klik f9, copy code ini

//perintah yang dijalankan ketika frame dimainkanonEnterFrame = function () { //membuat variable waktu sebagai date object waktu = new Date(); //membuat variable jam dengan nilai sama dengan jam pada komputer jam = waktu.getHours(); //membuat variable menit dengan nilai sama dengan menit pada komputer menit = waktu.getMinutes(); //membuat variable detik dengan nilai sama dengan detik pada komputer detik = waktu.getSeconds(); //digunakan jika komputer menggunakan sistem 12 jam //jika nilai variable jam lebih dari 12 maka akan dikurangi 12 if (jam>12) { jam -= 12; } //movie clip jam_mc akan berotasi sesuai nilai variable jam dikali 30 yang ditambah nilai variable menit di bagi 2 jam_mc._rotation = jam*30+(menit/2); //movie clip jam_mc akan berotasi sesuai nilai variable menit dikali 6 menit_mc._rotation = menit*6; //movie clip detik_mc akan berotasi sesuai nilai variable detik dikali 6 detik_mc._rotation = detik*6;};

paste di sini, like a picture

alhamdulillah ~yah... udah selesai deh. sekarang tinggal klik ctrl+enter untuk melihat hasilnya
kalau mau upload jam dari flash ini atau di pasang di blog kamu klik here
semoga berhasil ya... sesuatu banget Zihny bisa buat tutor sepanjang ini. xixixi
bagi kakak-kakak yang mahir kalau ada kesalahan di setiap step-step tutor ini tolong kasih tau ya. buat yang udah nyoba tutor ini bagi yang berhasil ataupun yang engga kasih tau juga lewat commentar
tampilan adobe flashnya agak beda ya? soalnya zihny udah pake adobe flash CS5. alhamdulillah ~yah guru-guru multimedia Zihny selalu update versi terbaru.

oh iya... ada yang special nih

BAGI YANG PERTAMAX COMENTAR TUTOR INI BOLEH MINTA DI BUATIN JAM  DENGAN DESIGN ZIHNY, FREEBIE LOOH.....

kalau mau lihat hasilnya klik disini http://www.swfcabin.com/open/1315649883


8 komentar:

  1. ini baru blog... keren... pastinya akn sangat bermanfaat tutorialnya.. terimakasih tuk share nya ya :)

    BalasHapus
  2. waw.. keren. nice tuto.
    tapi, sayangnya, aku nggak akan taruh jam apapun di blogku :) *ntar ukuran blogku gendut :D

    BalasHapus
  3. Nice tutor :D
    di kmpusku juga ada materi tentang flash, sayangnya dijurusanku gak ada, hahahahha

    BalasHapus
  4. wahhh... pinter ngedesainn... @_@..

    BalasHapus
  5. assalamu alaikum..

    kunjungan balasan, blognya bagus. apa lagi tentang islam.

    salam kenal dek :)

    BalasHapus
  6. aaaaaaaarrrggggghhhh kereeeeeennnnnn,,,okeh2 ane jg smpet mendalami flash nih^^ lumayan bsa sharing :D

    lam kenal yaaaaaaaaaaa :D

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...