Minggu, 03 April 2011

meaning of the name

pertama saya akan mejelaskan sesuatu yang penting dalam diri saya, yang mungkin dan pasti dimiliki oleh setiap orang. hal yang penting ini kadang berbeda tapi kadang sama antara orang yang satu dengan yang lain. mungkin sampai sini anda mulai merasa bingung dengan apa yang saya tulis, namun saya hanya membuat anda yang membaca artikel ini menebak-nebak. apabila anda orang yang sabar dan tekun, pasti anda ingin terus membaca artikel ini sampai selesai dan tidak ingin berhenti sampai anda mengerti apa yang saya maksud. saya salut dengan perjuangan anda yang telah membaca tulisan saya ini, sekali lagi anda orang yang sabar dan tekun telah membaca tulisan saya sampai titik ini. mungkin anda merasa sedikit bangga dengan kalimat sebelumnya, tapi semata-mata saya menulis kalimat ini agar anda mau membaca tulisan saya sampai selesai. oke jadi yang saya maksud sesuatu yang penting dalam diri saya, yang mungkin dan pasti dimiliki oleh setiap orang. hal yang penting ini kadang berbeda tapi kadang sama antara orang yang satu dengan yang lain, jadi yang saya maksud adalah NAMA semua orang pasti memiliki nama dan ada yang berbeda ada juga yang sama, coba aja kalian search nama seseorang di FACEBOOK pasti banyak banget yang memiliki kesamaan nama dari ejaan atau sebagainya. sampai-sampai ada orang yang ngeluh lewat statusnya di FACEBOOK "gila... nama gue pasara banget di facebook, di serch keluarnya banyak benget" tapi lain dengan saya, saya tidak akan pernah menulis staus yang seperti itu, karena nama yang saya miliki LIMITED EDITION dan bisa saya pastikan tidak ada yang memiliki nama panjang seperti saya, sudah saya cek di facebook, di google. nama panjang saya ZIHNY SORAYA ESTER, kasihan sekali orang yang baca tulisan saya sudah berapa kata baru tau nama panjang saya. saya ingin menjelaskan tentang nama panjang yang saya miliki ini.

saya sempat tanya kepada mama papa, siapa yang punya ide ngasih nama saya ZIHNY SORAYA ESTER, pertama papa jawab "papa yang kasih nama kamu kayak gitu", tapi kata mama "ehh, engga papa! mama yang kasih nama itu dari kamus arab, yang artinya "CITA-CITA SETINGGI BINTANG" kalau ESTER dari nama belakang papa (DELESTER)"papa langsung ngalah gitu, saya cuma bisa ketawa aja. sebenernya saya ada rasa curiga dengan kalimat ZIHNY setau sayadi dlam AL-QURAN ada kalimat ZINNY dan itu artinya golongan jin. astaghfirullah istigfar saya, mana mungkin orang tua saya ngasih nama yang artinya kayak gitu ga mungkin, pasti ada perbedaan artinya. akhirnya saya mencoba mencari arti kata ZIHNY google translator, tapi hasilnya ga ada. cukup sampai sini dulu pembahasankata ZIHNY

sekarang saya bisa terhibur dengan kata SORAYA yang ada dalam nama panjang saya, SORAYA adalah nama bintang, ada bintang yang namanya bintang soraya, bangganya saya.

lanjut ke kata ESTER , kata ini diambil dari nama belakang papa saya DELESTER ga tau pasti arti kata ESTER sebenernya tapi kata ini ada dalam kitab injil. dan saya ga mau tau apa arti yang ada di sana.

ngebahas satu persatu arti kata dari nama saya, saya tidak bisa ngasih kesimpulan selama 15 tahun lebih nama ini melekat dalam diri saya dan tercatat dalam akte dan kartu keluarga, tapi ada FULLNAME ada NICKNAME, NICKNAME saya waktu kecil saya punya NICKNAME yang melenceng banget dari FULLNAME saya , jika nama depannya ZIHNY bisa dipanggil ZIHNY, ZIZIH atau apalah yang cute. tapi saya di panggil "iin". kata mama dulu waktu mama tinggal di Pejompongan daerah Jakarta, ada anak kecil cantik dan imut banget , nama anak kecil itu "iin' jadi mama terinspirasi dari anak kecil itu. saya ga suka sebenernya tapi mau gimana lagi. dibalik nama "iin" ada cerita yang buat saya malu atau bisa membuat kalian yang membaca tulisan saya ngetawain cerita saya sampai tujuh turunan.dulu waktu usia saya 4 tahun saya sudah masuk TK nol kecil, atau PAUD atau semacam play group. tentu aja mama daftarin saya sekolah dengan nama yang tertera di akte kelahiran ZIHNY SORAYA ESTER, karena mama yang ngasih NICKNAME yang melenceng banget dari FULLNAME saya yaitu "iin" tertanam dalam diri saya kalau nama saya adalah "iin" dan setiap orang manggil saya "iin". sewaktu guru saya mengabsen murid, nama saya udah pasti yang terakhir

guru : "ZIHNY SORAYA ESTER"

guru : "ZIHNY SORAYA ESTER, hadir tidak?"


dengan wajah polos , tanpa dosa dan tidak tau apa-apa saya tidak tunjuk tangan dan tidak berkata hadir, saya tidak tau jika itu MY FULLNAME.

akhirnya mama saya yang berada di luar kelas ngasih tau guru saya kalau saya hadir dan saya ada di dalam kelas, mama bilang "tunjuk tangan dong, de" entah apa yang ada dipikiran guru saya, mungkin dia pikir saya  budek atau semacamnya. mengenaskan, horor , yang pasti memalukan.

sepulang dari sekolah mama langsung ngejelasin kalau nama gue itu ZIHNY SORAYA ESTER, iin hanya nama panggilan. mama nunjukin akte kelahiran saya "niih nama dede ZIHNY SORAYA ESTER" kata mama lalu nunjukin kartu tanda kelairan dari RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA, BEKASI . yang di bagian belakang kertas itu ada cap kaki saya sewaktu baru lahir. tapi kalau saya pikir-pikir perasaan waktu saya umur 4 tahun belum bisa baca, tapi sebenernya cerita ini sapupuh saya yang ngasih tau.tapi cerita ini asli kok udah ada +/- 3 orang dari keluarga saya yang cerita kayak gini.

sekarang saya sudah paham kalau MY FULLNAME adalah ZIHNY SORAYA ESTER, tapi ada aja yang buat saya kesel dan jengkel. sewaktu masuk SD atau Sekolah Dasar, lagi hits banget sinetron tahun 2000 kalau ga salah JINY OH JINY , cerita tentang jin cantik dan seksi yang tinggal di dalam kerang, pacaran sama manusia, setiap orang yang denger nama ZIHNY, pasti kata yang terbayang dalam pikirannya yaitu JINY. terus responnya langsung "apa... JINY OH JINY yaa..." duuh tolong deh saya emang cantik dan seksi tapi nama saya ZIHNY SORAYA ESTER bukan JINY OH JINY. kalau ada orang yang respon kayak gitu saya langsung bete luar biasa, tapi biarinlah buat orang tersenyum dan ketawa kan ibadah, meskipun saya yang jadi bahan tertawaan.

apakah lidah setiap manusia berbeda-beda??? kenapa cuma nyebut nama ZIHNY aja susahnya setengah mati, ada mamanya temen saya yang nyebut nama ZIHNY susah banget, kalau JIHNY saya maklumin tapi ini JIDNI (ada sedikit tekanan di huruf D, dan ada siddahnya JID-DNI) kurang lebih seperti itulah , yang lebih aneh lagi JIKNY  (ada sedikit tekanan di huruf K, dan ada siddahnya JIK-KNI). ya ampun aneh banget saya pernah protes sama mama papa "kok ngasih nama susah banget sih" bukan gue aja yang protes banyak orang yang protes sama nama ini . "kok nama kamu susah banget sih?" banyak temen gue yang protes kayak gitu. apa karena saya tinggal di indonesia, lidahnya sulit, apa mungkin kalau saya tinggal di arab atau negara barat, orang-orangnya bisa nyebut nama saya dengan benar? entahlah, karena saya belum pernah ke luar negeri. tapi saya teteap CINTA INDONESIA.


telepas dari semua itu akhirnya saya menemukan pencerahan, sama halnya buku yang di karang R.A KARTINI "HABIS GELAP TERBITLAH TERANG".  semenjak saya kenal dunia maya, saya ngerasa nama saya ga buruk-buruk banget. malah saya ngerasa bangga dan enjoy aja dengan nama saya ZIHNY, dulu jika saya buat account ga pernah pake FULLNAME yang paling sering ZIH. saat-saat saya mensyukuri punya nama ZIHNY waktu chatting with stranger seperti ini dialognya

STRANGER : what your name?

YOU : zihny

STRANGER :  i not to hear this name before

STRANGER : but, you have cool name


 ada juga yang responya "nice name" ada yang pernah tanya "are you from japan?" dengan bangga saya jawab " i'm from indonesia"

waktu saya cahttingan di YM ada stranger, saya lupa dia dari mana, waktu itu dia voice call ke saya, terus saya angkat ,tapi berhubung saya YM di komputer cuma pake headphone, yang ga bisa masukin suara, jadi saya cuma bisa denger suara si stranger itu dia bilang "hallo, hallo ZIHNY are you there, hallo?". dan dia bener nyebut nama saya, tuh kan berarti bener stranger lidahnya gampang nyebut nama ZIHNY.

kayaknya saya mulai asik banget sama nama ZIHNY SORAYA ESTER, kadang saya bisa modif nama ini buat di account atau blog atau di web saya, atau logo saya atau apalah jadi ZE-art (zihny ester - art) atau apa yang asik dan unik.

tapi yang perlu kalian tau, saya sangat susah payang menulis artikel ini, karena biasanya saya menulisa artikel menggunakan bahasa gaul bukan bahasa baku seperti ini, jujur ini ga mudah. saya sudah berulang kali salah mengetik yang seharusnya saya tapi saya masih saja menulis gue.

mohon di maklumi

1 komentar:

  1. hahaahahahahahahahahahahahhahaahahahhhahahaha

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...